Beauty & Health, Home /Food

10 Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Kebiasaan masyarakat jaman modern yang cenderung sibuk sepanjang hari membuat mereka kerap mengkonsumsi jenis makanan cepat saji atau junk food. Selain karena lebih praktis dan mudah didapat, rasanya juga bisa disebut lezat dengan harga yang terjangkau. Namun, ada beberapa hal yang tidak diperhatikan hingga hari ini terkait bahaya dari jenis makanan cepat saji tersebut. Ternyata junk food bisa menyebabkan seseorang terganggu kesehatannya. Nah, berikut ini adalah ulasan tentang bahaya junk food untuk kesehatan yang penting menjadi perhatian.

Beberapa Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan

Dapat Menurunkan Fungsi Otak

Bahaya dari jenis makanan Junk Food yang pertama adalah bisa menurunkan fungsi otak Anda. Hal ini sudah terbukti dari sebuah penelitian bahwa satu minggu setelah mengkonsumsi Junk Food, fungsi otak sudah mengalami penurunan. Selain itu, lemak jahat yang terdapat pada Junk Food bisa membuat lemak sehat pada otak tergantikan olehnya.

Meningkatkan Risiko Sakit Jantung

Selanjutnya, Junk Food ternyata bisa meningkatkan risiko sakit jantung. Hal itu disebabkan karena umumnya Junk Food memiliki kandungan lemak jenuh dan juga lemak trans yang bisa meningkatkan jumlah kolesterol pada tubuh. Ini bisa membentuk suatu plak dan menyebabkan risiko sakit jantung menjadi meningkat.

Terjadinya Gangguan Ginjal

Selain itu, Junk Food ternyata juga berpotensi menyebabkan penyakit ginjal. Sekalipun cita rasanya membuat lidah menjadi ketagihan, namun kandungan garap halus yang terdapat di beberapa jenis Junk Food bisa menyebabkan sekresi pada enzim yang menjadikan seseorang menjadi ketagihan. Risiko yang paling besar dari hal ini adalah bisa menyebabkan kerja ginjal yang awalnya sebagai penyaring racun mengalami gangguan. Sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal.

Dapat Merusak Organ Hati Anda

Selain itu, mengkonsumsi jenis Junk Food terlalu sering juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati Anda. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak mengkonsumsi Junk Food dan jarang melakukan olah raga bisa mengalami suatu perubahan enzim hati hanya dalam waktu tiga sampai empat minggu. Hal ini hampir sama dialami oleh seseorang yang banyak mengkonsumsi alkohol terlalu sering. Junk Food bisa merusak hati karena adanya pengendapan lemak trans yang ada pada organ hati.

Adanya Peningkatan Risiko Kanker

Penting untuk diketahui bahwa Junk Food tidak mengandung jumlah serat yang cukup sehingga risiko kanker bagi orang yang sering mengkonsumsi jenis makanan ini semakin meningkat. Ada salah satu hasil penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan Junk Food, khususnya yang kandungan lemak serta gulanya tinggi bisa mendapatkan risiko kanker kolorektal yang tinggi.

Terjadinya Masalah Pada Tulang dan Kulit

Bahaya junk food selanjutnya adalah menyebabkan adanya masalah pada tulang dan juga kulit. Kandungan karbohidrat dan gula yang cukup tinggi pada Junk Food bisa memberikan efek negatif tersendiri. Salah satunya adalah bisa menyebabkan tulang dan gigi mudah keropos atau bermasalah. Selain itu juga bisa menggangu kesehatan kulit.

Membahayakan Kehamilan

Junk Food ternyata juga bisa berdampak pada kehamilan jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebuah penelitian panjang menyebutkan bahwa seorang bayi yang kebetulan terlahir dari ibu dengan intensitas mengkonsumsi makanan Junk Food, saat bayi tersebut dewasa bisa lebih suka makan makanan yang berlemak dan kurang sehat ketika tumbuh dewasa. Selain itu juga bisa menjadikan seorang ibu mengalami gangguan kehamilan.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Selain itu, Junk Food ternyata juga bisa memunculkan penyakit diabetes. Hal itu lantaran makanan sejenis Junk Food bisa memunculkan efek yang buruk pada metabolisme tubuh Anda. Selain itu, jenis makanan Junk Food tidak memiliki kandungan serat yang cukup. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

Meningkatkan Risiko Depresi

Anda juga harus tahu bahwa mengkonsumsi makanan cepat saji bisa menyebabkan Anda mengalami depresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mengkonsumsi jenis makanan sehat selain Junk Food.

Menyebabkan Obesitas

Makanan sejenis Junk Food ternyata juga bisa menyebabkan seseorang menjadi obesitas. Dan obesitas sendiri kurang baik karena bisa memunculkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Itu tadi uraian tentang bahaya junkfood bagi kesehatan yang harus diketahui. Dengan mengetahui beberapa risiko bahaya tersebut, Anda tentu akan menjadi lebih antisipatif dan sebisa mungkin menghindari jenis makanan cepat saji tersebut. Semoga bermanfaat.

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply