Gadget /Komputer

10 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk PC Sejauh Ini

Sekarang smartphone sudah menjadi kebutuhan primer. Setiap hari, smartphone seakan tidak pernah lepas dari genggaman tangan. Banyak dari smartphone tersebut yang memiliki fitur video yang bagus, tapi sayangnya tak semua orang memanfaatkannya dengan baik. Padahal, dengan bekal video smartphone, kamu bisa menagkap momen-momen spesial dan bisa mengeditnya di PC kamu. Kemudian video tersebut bisa kamu unggah ke YouTube. Jika banyak yang tertarik bukan tidak mungkin kamu menjadi salah satu dari YouTuber sukses.

Mungkin kamu sudah sering melihat karya-karya para YouTuber. Luar biasa bukan? Mereka mengedit videonya dengan sangat kreatif. Jika kamu ingin mengedit video yang tidak kalah kreatifnya dengan para YouTuber, maka kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi edit terbaik di PC ini.

Aplikasi Edit Video di PC yang Bisa Kamu Coba

AVS Video Editor

AVS Video Editor merupakan software edit video dengan antarmuka yang intuitif. Software yang satu ini cenderung mudah digunakan dan menyediakan fitur yang sangat lengkap dan berguna. Dalam melakukan proses editing video, pengguna akan disuguni fitur-fitur yang membuat video menjadi lebih menarik. Untuk itu, kamu bisa menjadikan AVS Video Editor sebagai alternatif untuk mengganti aplikasi editing video yang berbayar.

Dalam segi ukuran pun AVS Video Editor memiliki ukuran file yang terbilang kecil. Dengan begitu, bisa sangat ringan saat digunakan di PC. Salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah penggunaan teknologi video cache yang memungkinkan proses menyuntingan video Full-HD bisa berjalan dengan lancar dan cepat.

Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Software buatan Sony ini memang memiliki fitur yang lengkap sehingga memudahkan pengguna dalam editing video. Bahkan bisa dibilang aplikasi yang satu ini merupakan software edit video kelas profesional. Hanya saja, dalam pengoprasiannya terbilang lebih mudah.

Meski bersaing ketat dengan Adobe Premiere Pro dan Apple Final Cut Pro X yang sama sama membidik kalangan profesional, Sony tetap mendesain softwarenya ramah pemula, yaitu dengan Timeline yang simpel.

VirtualDub

VirtualDub merupakan software edit video yang tersedia gratis di PC untuk platform Windows. Software yang satu ini sangatlah sederhana bahkan bisa dikatakan sebagai video maker atau pun video editor. Hal ini karena, virtualDub memiliki fitur yang dapat merekam gambar yang ada di layar computer kamu. Kamu pun dapat menyimpan video yang sudah dibuat atau mengeditnya dengan format AVI. Tak sampai di situ, fitur yang disediakan pun sungguh luar biasa, misalnya menghampus atau mengganti audio dari video yang kamu inginkan.

Corel Video Studio

Corel Video Studio merupakan software edit video yang dikembangkan oleh Corel. Mungkin di antara kamu sudah tidak asing dengan perusahaan Corel. Ya, hal ini karena Corel bukanlah pemain baru di industri perangkat lunak. Mereka telah menjadi pelopor dalam semua jenis software yang berhasil dibuat, termasuk Video Studio Pro. Software ini bisa dibilang merupakan salah satu perangkat lunak editing video dengan fitur yang sangat canggih tapi asyik. Sebab, fitur yang ada di dalamnya sangat mudah digunakan dan cocok untuk pemula.

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan software terbaik dari yang terbaik. Sebab, semua fitur yang disediakan oleh software ini sangat mengagumkan. Program yang satu ini akan dengan mudah ditemukan di computer rumah-rumah produksi, atau praktisi di bidangnya.

Software yang satu ini mungkin akan terasa rumit untuk pemula, namun jika kamu mempelajarinya akan terasa sangat mudah. Jika kamu ingin mencapai tingkat mahir, kamu harus terus belajar dan mengulik software yang satu ini. Menguasai Adobe Premiere Pro memiliki banyak keuntungan. Kamu bisa menyusuh video event seperti pernikahan, film, musik video klip, video profil dan lainnya dalam level profesional.

Windows Movie Maker

Aplikasi editing video ini merupakan aplikasi yang dibuat langsung oleh Microsoft secara eksklusif untuk mesin Windows. Tak heran jika fitur-fitur yang disediakan merupakan tingkat dasar dari edit video dan jumlahnya terbatas. Kamu hanya dapat memberikan sedikit sentuhan editing pada video kamu. Tapi justru hal inilah yang membuat para pemula tidak akan merasa kesulitan.

Avidemux

Avidemux merupakan aplikasi edit video gratis dengan tampilan sederhana. Fitur yang disediakan cukup editing video dasar saja, seperti memotong video, filter sampai pengkodean. Meski begitu Avidemux mendukung banyak file, termasuk AVI, DVD file MPEG dan lainnya.

Camtasia

Camtasia adalah aplikasi edit video yang sangat kaya akan fitur. Meski begitu bukan berarti Camtasia sulit digunakan, karena pengoperasiannya sangat mudah bahkan cocok untuk pemula sekalipun. Banyak sekali fitur tambahan yang ditawarkan. Salah satunya adalah merekam layar computer kamu.

Pinnacle studio

Pinnacle studio merupakan software edit video di level dasar, tapi cukup mumpuni untuk kamu yang ingin menjadi seorang YouTuber. Tak hanya itu, Software ini pun menawarkan biaya yang terbilang murah dibanding dengan perangkat lunak lain dengan kualitas yang sama.

HitFilm Express

HitFilm Express adalah software edit video gratis terbaik dan mungkin ini merupakan aplikasi yang memiliki lebih banyak fitur dibanding dengan software edit video gratis yang lainnya. Software yang satu ini tersedia untuk pengguna Windows maupun Mac.

Itulah sejumlah software edit video terbaik yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply